5 Tahapan Dalam Pengaplikasian Epoxy Lantai

Tahapan Epoxy Lantai yang pertama adalah Gerinding , yaitu tahap pengamplasan beton atau pengelupasan cat yang sudah lama , pengamplasan beton dengan tujuan agar pori-pori beton bisa terbuka sehingga bisa menyatu dengan cat primer , jadi bisa menghasilkan cat yang kuat, tahan lama dan tidak mudah mengelupas , tahap ini sangat menentukan berhasil atau tidaknya sebuah pengaplikasian epoxy lantai . Jika tahap ini kurang maximal maka sangat berpengaruh dengan tahapan berikutnya, entah nanti hasilnya beruntus atau sering di sbut dengna airplus yaitu suatu keadaan epoxy lantai yang menggelembung, bisa di karenakan beton yang masih lembab atau epoxy primernya tidak menyatu dengan beton karena betonya pori-porinya tidak terbuka ataupun bahan primer yang kurang berkualitas .

 Epoxy lantai Tahap Gerinding
Epoxy lantai tahap Gerinding

Langkah Epoxy lantai Yang Kedua

Langkah Epoxy Lantai yang kedua adalah buffing atau sering di sebut dengan cleaning pembersihan debu-debu hasil dari gerinding atau pengamplasan beton , tahap ini juga sangat penting dan tidka boleh di lewati bahkan tahap ini di butuhkan ketekunan agar sisa-sisa hasil gerinding benar-benar bersih sehingga tidak menimbulkan bintik-bintik saat sudah finish nanti di sebutkan butiran debu yang masih ada di beton . Untuk hasil yang sempurna menggunakn vacum cleaner penyedot debu .

Tahap Epoxy Lantai Yang Ketiga

Tahap Epoxy Lantai yang ketiga adalah adalah primer , yaitu pengaplikasian cat primer ke beton , dengan cara sclaping dengan melakukan sedikit penekanan dan pemeratan dengan tujuan agar cat epoxy primer menyatu dengan beton jadi menghasilkan daya rekat yang kuat. Karena tahap primer ini sangat amat menentukan daya tahan nantinya, jika proses primer kurang maximal maka nanti epoxynya kurang tahaan lama alias cepat mengelupas

Epoxy lantai Tahap Primer
Epoxy Lantai Tahap Primer

Langkah Epoxy Lantai Yang Keempat

Langkah Epoxy Lantai yang keempat adalah plamir atau base coat yaitu proses mengaplikasikan cat epoxy plamir ke atas beton yang sudah di lapisi cat primer. Proses ini adalah proses menyatukan cat primer dengan plamir caranya adalah setelah cat primer di keringkan selama kurang lebih 4-6 jam , kemudian cat primer yang sudah di atasa beton di amplas halus dengan tujuna membuka pori-pori cat primer sehingga bisa menyatu dengan cat plamir jadi daya rekatnya kuat. Proses plamir ada yang 1 kali plamir ada yang 2-5 kali plamir , di sesuaikan dengan ketebalan yang telah di tentukan.

Epoxy Lantai Tahap Plamir
Epoxy Lantai Tahap Plamir

Proses Epoxy Lantai Yang Kelima

Proses Epoxy Lantai yang kelima adalah tahapan finishing yaitu proses terakhir dalam pengaplikasian epoxy lantai , dimana tahap ini tahap yang paling sulit karena tahap ini harus rata, halus dan tidak belang . Maka proses ini hanya bisa di lakukan oleh tenaga yang sudah berpengalaman dan harus di lakukan dua orang atau lebih, tidak bisa hanya satu orang seperti mengecat dinding biasa . Karena di proses finishing ini harus ada yang meratakan dan menghaluskan dengan alat yang berbeda namun dalam satu tempat . Dan proses ini harus menggunakan roll yang lembut atau roll modifikasi sendiri .

Epoxy Lantai Tahap Finishing
Epoxy lantai Tahap Finishing

Baca Juga : Jasa Epoxy Lantai Jakarta

Sebab dan Akibat Gagalnya Epoxy Lantai

Sebab kegagalan Epoxy Lantai yang pertama adalah di sebabkan oleh kondisi beton yang lembab, sehingga hairplus dan menyebabkan beruntus .Sebab yang kedua adalah proses pencampuran bahan yang tidak sempurna sehingga menghasilkan cat epoxy yang kurang berkualitas. sebab yang ketiga adalah kurang bersihnya dalam pembersihan sisa-sisa debu hasil gerinding yang dapat menyebabkan bintik-bintik pada epoxy lantai. proses pengerolan yang kurang baik sehingga menghasilkan cat epoxy yang kurang rata dan warna belang ,

Keuntungan Menggunakan Epoxy Lantai

Kelebihan Epoxy Lantai di banding dengan keramik jika di lihat dari segi kekuatanya , pastinya epoxy lantai lebih kuat di banding dengan keramik karena epoxy lantai memang untuk kebutuhan indsutri yang memerlukan kekuatan lantai seperti pabrik-pabrik besar yang lantainya di lewati alat berat, sperti trolly , forklift dan alat berat lainya, dan jika di lihat dari keindahanya , cat epoxy lantai lebih indah dari keramik karena cat epoxy lantai memiliki warna yang mengkilap, dan bisa di buat tekstur dalam pengaplikasianya sehingga menghasilkan ruangan yang terkesan elegant, jadi dengan kata lain epoxy lantai juga merupakan kebutuhan design interior yang menarik seperti hotel , apartement , kantor bahkan rumah pribadi seaklipun bisa menggunakan epoxy lantai.

Harga Epoxy Lantai Permeter Persegi

Harga Epoxy Lantai di sesuaikan dengan ketebalanya, untuk ketebalan 300 micron Rp.60.000-80.000/m2 , ketebalan 500 micron Rp.90.000-120.000/m2, ketebalan 1000 micron Rp.130.000-170.000/m2, ketebalan 1500 micron Rp.180.000-210.000/m2, ketebalan 2000 micron Rp.230.000-270.000, ketebalan 2500 micron Rp.280.000- 310.000/m2, ketebalan 3000 micron Rp.330.000-360.000/m2. Harga epoxy bervariatif karena masing-masing kontraktor menggunakn merk epoxy lantai yang berbeda-beda.

Sifat Epoxy Lantai

Epoxy Lantai memiliki sifat cepat mengeras jika di campur dengan hardener, memiliki daya tahan terhadap benturan, memiliki daya adhesi terhadap kimia, kuat terhadap panas, anti air dan dapat menjadikan lantai lebih indah karena warnanya lebih cerah di banding dengan keramik. Bahkan anti gores terhadap benda tajam. Ketahananya pun mencapai 5 tahun keatas, baru terlihat kusam dan perlu di perbarui atu di cat ulang .

Rekomendasi Ketebalan Epoxy Lantai

Ketebalan Epoxy Lantai harus di sesuiakan dengan kebutuhan, misalnya untuk kebutuhan pabrik yang di lewati alat berat seperti forklift minimla ketebalanya 2000 micron atau 2 mm, dan di rekomendasikan menggunakn epoxy mortar terlebih dahulu kemudian finishing 1000 micron atau 2000 micron, Sedangkan untuk kebutuhan untuk kantor, hotel, rumah yang hany di lewati orang saja cukup menggunkan 500 micron atau 1000 micron saja . Jika lantai betonya kasar sebaiknya menggunkan 1000 micron, karena jika lantai kasar menggunkan 500 micron hasilnya bisa tidak rata.

Masalah Epoxy Lantai Yang Sering Terjadi

Epoxy Lantai bisa menguning jika menggunkan warna putih, karena warna putih adalah warna yang sensitif jika terkena matahari maka akan cepat menguning, masalah yang kedua adalah epoxy lantai tidak merekat dengan kuat karena di aplikasikan di permukaan yang lembab masalah yang ketiga adalah timbulnya bintik-binti kotoran setelah finishing di karenakan debu yang berterbangan atau dalam pemebersihan awalnya tidak bersih sehingga masih banyak debu yang menempel di beton.

Syarat Beton Jika Akan Di Epoxy Lantai

Jika beton akan di epoxy lantai harus memenuhi beberapa syarat antara lain adalah beton minimal berumur 3 bulan atau 1 bulan, kecuali beton menggunkan semen yang kualitas tinggi seperti semen MU , dalam jangka 1 mingu juga sudah bisa di epoxy lantai , syarat yang kedua adalah finish trowel , karena jika tidak finish trowel beton pastinya kasar dan menyerap banyak cat sehingga boros cat epoxy lantai, beton tidak lembab karena jika lembab epoxy lantainya akan cepat mengelupas ataupun airplus yang dapat menyebabkan hasil epoxy lantai bruntus. Beton tidak boleh keropos, karena epoxy lantai pastinya menyesuaikan dengan kekuatan beton, karena epoxy lantai menempel pada beton. Jika ingin menghasilkan epoxy lantai yang sempurna sebaiknya beton di lapisi epoxy mortar lagi.Karena kualitas epoxy mortar di atas rata-rata beton biasa, karena bahanya adalah pasir silica dan hardener tanpa da campuran air . Dan Jika beton anda baru jadi , jika di lapisi epoxy mortar maka tidak perlu menunggu waktu untuk menghilangkan kelembapanya. Jadi beton barupun jika di lapisi dengan epoxy mortar bisa langsung di aplikasikan epoxy lantai.

Terima kasih semoga bermanfaat ,

Please rate this